DOCUMENT

Emission Reductions Program Document (ER-PD)Kerangka Kerja Manajemen Lingkungan dan Sosial (Environmental and Social Management Framework / ESMF) | Download

SUPPORTING DOCUMENT

No Judul Deskripsi Link
1 Buku Saku Kajian Lingkungan Hidup dan Sosial Strategis (Strategic Environmental Social Assessment/SESA)

Kajian Lingkungan Hidup dan Sosial Strategis (Strategic Environmental and Social Assessment /SESA) dalam Program Penurunan Emisi (REDD+) di Kaltim.

Download
2 Buku Saku Kerangka Kerja Pengelolaan Lingkungan dan Sosial (Environmental and Social Management Framework/ESMF)

Kerangka Kerja PengelolaanLingkungan dan Sosial (Environmental and Social Management Framework/ESMF) disiapkan sebagai dokumen operasional proyekprogram penurunan emisi di Kalimantan Timur.

Download
3 Mekanisme Penanganan Pengaduan dan Keluhan (Feedback and Grievance Redress Mechanism/FGRM)

Mekanisme Penanganan Pengaduan dan Keluhan atau Feedback and Grievance Redress Mechanism (FGRM)

Download
4 Buku Saku Kerangka Perencanaan Masyarakat Adat (Indigenous People Planning Framework/IPPF)

Kerangka Perencanaan Masyarakat Adat (Indigenous People Planning Framework /IPPF) yang dipersiapkan Pemerintah mencakup semua masyarakat adat dan komunitas rentan sebagaimana dicirikan oleh kebijakan operasional Bank Dunia OP 4.10 tentang Masyarakat Adat.

Download
5 Buku Saku Kerangka Kerja Rencana Pemukiman Kembali (Resettlement Planning Framework/RPF)

Kerangka kerja rencana pemukiman kembali (Resettlement Planning Framework/RPF), salah satu perangkat perlindungan proyek REDD+ melalui mekanisme FCPF Carbon (sesuai dengan standar yang diterapkan oleh World Bank).

Download
6 Buku Saku Istilah dan Singkatan

Program Penurunan Emisi melalui Pencegahan Deforestasi dan Degradasi Hutan di Kalimantan Timur

Download
7 Buku Saku Pembagian Manfaat Implementasi REDD+

Program implementasi REDD+ sangat bermanfaat karena merupakan kesempatan bagi pengelola hutan
dan lahan untuk memperbaiki tata kelola hutan dan lahan.

Download
8 Praktik Terbaik & Pembelajaran Readiness Fund FCPF untuk REDD+ di Provinsi Kalimantan Timur

Dalam proses persiapan menuju implementasi REDD+ Carbon Fund di Kalimantan Timur 2020-2024 ini, terdapat praktik-praktik terbaik dan pembelajaran yang dapat diadaptasi untuk berbagai proyek yang serupa. Buku ini menguraikan rangkuman singkat praktik terbaik (best practices) dan pembelajaran (lesson learned), disarikan dari hasil wawancara pihak-pihak yang terlibat dalam proses.

Download
9 Laporan Akhir Komunikasi dan Publikasi

Kegiatan diseminasi dan komunikasi capaian readiness REDD+ dibawah koordinasi dan pemantauan konsultan komunikasi (Communication Specialist) dari Maret-November 2019 telah intensif dilaksanakan bekerjasama dengan tim komunikasi Humas Pemprov Kalimantan Timur dan Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim, serta mendapatkan dukungan tim World Bank.

Download
10 MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PUBLIK (MSIP) di Organisasi Perangkat Daerah Kalimanan Timur dan Perannya Dalam Mendukung Implementasi Program Penurunan Emisi 2020-2024

Tulisan ini memberikan gambaran bagaimana pengelolaan dan layanan informasi kepada publik yang dilakukan oleh OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim; serta Usulan Manajemen Sistem Informasi Publik saat Implementasi Program Yurisdiksi Penurunan Emisi Karbon Berbasis Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Timur.

Download
11 Strategi Komunikasi Penjangkaun Masyarakat di KPH Kaltim

Tulisan ini akan menguraikan strategi komunikasi untuk penjangkauan masyarakat yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan dukungan masyarakat dalam pengelolaan wilayah KPH.

Download