P3SEKPI Publication Info

Publication of our researchers will contribute to the world.

Mendorong Pengembangan Danau Toba Sebagai Destinasi Pariwisata Prioritas

  • View : 102
  • Download : 136

Penetapan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata prioritas memerlukan kerja keras, karena pengelolaan danau tersebut dibelenggu oleh beberapa masalah seperti: timbunan sampah, pencemaran air oleh karamba jaring apung, perambahan hutan dan lahan kritis. Untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata beberapa rekomendasi yang disarankan:

  1. Membangun icon wisata melalui 4A+DM (atraksi/attraction, akomodasi/accommodation, aksesbilitas/accessibility, diterima/acceptance) yang dikelola secara digital dalam pemasarannnya (marketing).
  2. Rehabilitasi lahan kritis dilakukan dengan memilih jenis tanaman yang bisa menjadi brand wilayah seperti rukam, kemenyan, kemiri, apokat, mangga parapat dsb melalui pola agroforestri dalam skema hutan adat, hutan kemasyarakatan (HKM), hutan tanaman rakyat (HTR) dan hutan rakyat.
  3. Kualitas air Danau Toba masih dapat digunakan untuk budi daya ikan air tawar, peternakan dan pengairan tananaman, hal ini mengindikasikan bahwa Danau Toba masih memungkinkan untuk direvitalisasi dalam rangka pengembangan pariwisata dan perekonomian lainnya.
  4. Restorasi Danau Toba sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sistem zonasi yang meliputi zona perlindungan dan zona pemanfaatan (sub zona: pariwisata, perikanan air tawar (karamba), perkebunan, pertanian, peternakan dan pemanfaatan lainnya, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
  5. Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Pariwisata Danau Toba harus dikelola berdasarkan tata kelola (governance) yang baik dengan melibatkan pemerintah (government), dunia usaha (private sector) dan masyarakat (civil society). Tugas kesekretariatan yang harus segera dilakukan adalah: 1) membuat collaborative management plan, 2) membuat kesepakatan hak dan kewajiban, 3) resolusi konflik dan 4) membentuk badan hukum untuk mengelola dana publik yang salah satu sumbernya dari dana Corporate Social Responsibility (CSR).
Penulis : Dr. Ir Sulistya Ekawati M.Si
Anggota :
Penulis lain :

More Info

  • Type : Policy Brief
  • ISBN :
  • Publisher : P3SEKPI
  • Year : 2016

Copyrights © 2020 P3SEKPI. All Rights Reserved