P3SEKPI Publication Info

Publication of our researchers will contribute to the world.

Luas dan Nomenklatur KPH Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Efektivitas Pengelolaan Hutan

  • View : 127
  • Download : 158

Filosofi pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) adalah kesatuan pengelolaan hutan terkecil di tingkat tapak. Ada ketidaksinkronan antara filosofi pembangunan KPH dan realitas yang ada di lapangan, sehingga kehadiran KPH belum mampu memperbaiki tata kelola hutan di Indonesia. Luasnya wilayah KPH yang ada saat ini dikhawatirkan akan menyebabkan pengelolaan hutan tidak efektif dan efisien. Pembagian KPH menjadi Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) juga menimbulkan permasalahan di lapangan.  Rekomendasi kebijakan yang disarankan adalah:

  1. Penghapusan nomenklatur Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) menjadi Kesatuan Pengelolaan Hutan dan menggabungkan Direktorat KPHL dan Direktorat KPHP menjadi Direktorat KPH.
  2. Pemerintah menetapkan luas maksimal KPH sesuai dengan karakteristik sumber daya hutan, karakteristik sosial ekonomi setempat dan tujuan pengelolaannya.
  3. Memfasilitasi setiap KPH yang ada saat ini menjadi Bagian Wilayah Hutan (BDH) dan resort dengan kelengkapan sumber daya manusia (SDM)-nya.
Penulis : Dr. Ir Sulistya Ekawati M.Si
Anggota :
Penulis lain :

More Info

  • Type : Policy Brief
  • ISBN :
  • Publisher : P3SEKPI
  • Year : 2018

Copyrights © 2020 P3SEKPI. All Rights Reserved