P3SEKPI Publication Info

Publication of our researchers will contribute to the world.

Kebijakan Silvopastur di Hutan Gunung Mutis

  • View : 129
  • Download : 121

Hutan Gunung Mutis (HGM) memiliki peran strategis, tidak saja bagi masyarakat lokal tetapi juga bagi masyarakat regional, nasional dan internasional. Untuk masyarakat lokal, HGM telah lama dimanfaatkan sebagai tempat penggembalaan ternak, sumber air, sumber lebah madu, dan sumber kayu bakar. HGM pada tingkat regional berperan dalam penyediaan air bagi daerah di sekitarnya. Air yang berasal dari Gunung Mutis mengalir menuju dua sungai utama yang berada di Pulau Timor yaitu Benain dan Mina. Air tersebut dimanfaatkan untuk pertanian. HGM memiliki ekologi yang khas dengan komposisi vegetasi yang homogen yaitu ampupu (Eucalyptus urophylla). Tipe ekosistem ini tidak ada di daerah lain. Selain itu, HGM terletak pada zona transisi antara Asia dan Australia sehingga pada HGM terdapat flora dan fauna yang berasal dari Asia dan Australia. Keadaan ekologi HGM mengundang perhatian masyarakat internasional (Lenzt et al., 1998).

Masyarakat sekitar hutan telah lama menggunakan memanfaatkan HGM sebagai tempat penggembalaan ternak (Lenzt et al., 1998). Tahun 1974, melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 631/Kpts/Um/10/1974 HGM diubah statusnya dari hutan adat menjadi hutan lindung (HL) dan masyarakat tidak diizinkan menggembalakan ternak. Kebijakan tersebut menyebabkan masyarakat sekitar hutan tidak dapat menggembalakan ternak secara legal. Sementara itu kebijakan tersebut tidak dapat diimplementasikan karena mendapat penolakan dari masyarakat sekitar hutan.

Sebagai solusinya masyarakat diberi izin silvopastur dengan terlebih dahulu disusun tata kelolanya, sepertI (1) menetapkan areal untuk silvopastur, (2) memberi izin silvopastur kepada masyarakat lokal, (3) memberi hak dan kewajiban kepada masyarakat, dan (4) memperbaiki teknik silvopastur di HGM.

Anggota :
Penulis lain :

More Info

  • Type : Policy Brief
  • ISBN :
  • Publisher : P3SEKPI
  • Year : 2018

Copyrights © 2020 P3SEKPI. All Rights Reserved