P3SEKPI Publication Info

Publication of our researchers will contribute to the world.

Penyelesaian Tenurial Perkebunan Kelapa Sawit di Kawasan Hutan

  • View : 148
  • Download : 166

Pasar yang berkembang pesat untuk biofuel dan minyak nabati, terutama di China, India, Eropa Timur, dan Timur Tengah serta Amerika dan di negara-negara produsen telah menarik investasi besar di Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Latin. Investasi skala besar tersebut mengakibatkan semakin meningkatnya kontestasi lahan untuk pengembangan perkebunan sawit. Akibatnya, seringkali para petani tergerak untuk melawan niat dan kepentingan korporasi dan institusi pemerintah. Fakta menunjukkan terjadi proses transformasi penggunaan lahan dan kawasan ini secara bertahap yang terintegrasi ke dalam pasar global. Policy brief ini mencoba menjelaskan bagaimana beragam aktor dan institusi pemerintahan, memfasilitasi upaya-upaya penyelesaian kompleksitas tenurial di tingkat kebijakan dan lapangan.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Perkebunan (2017) tercatat ada 2,5 juta ha perkebunan sawit di kawasan hutan. Dari jumlah itu 1,7 juta ha diindikasi perkebunan rakyat dan 800,000 ha perusahaan. Sementara Direktorat Jenderal Planologi mengindikasikan perkebunan sawit di kawasan hutan seluas 2,319, 148 ha. Membiarkan permasalahan ini berlarut-larut, tanpa ada keberanian mengambil pilihan kebijakan, tentunya bisa berdampak luar biasa, bagi pemerintah, swasta maupun masyarakat lokal. Untuk menyelesaikan persoalan tenurial sawit tentunya tidak sederhana mengingat kompleksitas permasalahan yang ada. Tanpa penyelesaian yang komprehensif maka kekawatiran akan adanya’’transfer of hate’’ yang memantik konflik sosial seperti yang terjadi secara periodik di Kalimantan Barat, bisa terulang kembali. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya hegemoni kontrol atas sumber daya hutan dan perkebunan oleh korporasi.

Saat ini diperlukan beberapa solusi alternatif terobosan agar persoalan sawit yang berada di kawasan hutan tidak berlarut-larut. Mengharapkan solusi permanen barangkali sesuatu yang utopis, namun terobosan-terobosan baru tetap diperlukan.

Penulis : Drs Lukas Rumboko Wibowo M.Sc. Phd
Anggota :
Penulis lain :

More Info

  • Type : Policy Brief
  • ISBN :
  • Publisher : P3SEKPI
  • Year : 2018

Copyrights © 2020 P3SEKPI. All Rights Reserved