P3SEKPI Publication Info

Publication of our researchers will contribute to the world.

Perhutanan Sosial, Kemiskinan dan Pendidikan

  • View : 157
  • Download : 182

Kemiskinan merupakan akar masalah dari kegiatan Perhutanan Sosial. Kondisi miskin mengakibatkan masyarakat membutuhkan tambahan lahan untuk bercocok tanam dan memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Kebutuhan tersebut mendorong masyarakat sekitar hutan untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggal mereka, walaupun mereka menyadari bahwa lahan tersebut adalah lahan hutan negara.

Kemiskinan masyarakat sekitar hutan, jika tidak tertanggulangi akan mengakibatkan kerusakan hutan dalam skala kecil yang akan meluas menjadi lebih besar. Perhutanan Sosial menjadi salah satu solusi dari upaya penanggulangan kemiskinan masyarakat sekitar hutan. Masyarakat sekitar hutan digerakkan dalam suatu organisasi/kelompok pengelola hutan negara, didampingi dan diatur dalam beberapa  skema dalam memanfaatkan lahan hutan negara, yaitu Hutan Desa (HD), Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Kemasyarakan (HKm), Hutan Adat dan Kemitraan Kehutanan.

Program Perhutanan Sosial secara luas sudah dilaksanakan di hutan seluruh dunia dan Indonesia, dan memberikan kontribusi yang berarti untuk petani peserta program. Namun demikian, tak sedikit laporan tentang kegiatan Perhutanan Sosial yang memaparkan tentang kecilnya nilai kontribusi Perhutanan Sosial pada pendapatan petani. Tak terkecuali dengan kegiatan Perhutanan Sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Petani belum dapat mengoptimalkan kegiatan Perhutanan Sosial karena berbagai keterbatasan antara lain pendidikan yang rendah, terbatasnya areal lahan garapan, belum optimalnya kelembagaan lokal. Peningkatan kontribusi Perhutanan Sosial dapat dilakukan melalui inovasi strategi implementasi Perhutanan Sosial, dengan mengembangkan kapasitas dan kapabilitas petani melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh para pihak terkait.

Anggota :
Penulis lain :

More Info

  • Type : Policy Brief
  • ISBN :
  • Publisher : P3SEKPI
  • Year : 2018

Copyrights © 2020 P3SEKPI. All Rights Reserved