P3SEKPI Publication Info

Publication of our researchers will contribute to the world.

Konsep Kebijakan Transfer Fiskal Berbasis Ekologi

  • View : 143
  • Download : 183

Skema transfer ?skal dari pemerintah pusat ke daerah saat ini belum secara optimal mendukung tercapainya keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dan kepentingan ekologis suatu daerah. Indikator penerimaan ekonomi yang berasal dari ekstraksi sumber daya alam dan lingkungan masih menjadi landasan pembagian insentif ?skal ke daerah. Mekanisme transfer ke daerah dan dana desa juga belum mendukung sepenuhnya upaya pencapaian target SDGs dan NDC. Hal ini terlihat dari mekanisme transfer khususnya indikator-indikator yang digunakan untuk menghitung besaran alokasi anggaran tersebut belum memperhatikan aspek ekologi atau lingkungan hidup.


Oleh karena itu, skema transfer ?skal ke daerah perlu dimodi?kasi, salah satunya dengan menambahkan indikator ekologi untuk meningkatkan preferensi pemerintah daerah melindungi kawasan hutannya tanpa mengganggu laju pertumbuhan ekonominya. Skema transfer ?skal berbasis ekologi diharapkan dapat menjadi instrumen untuk mendukung pembiayaan perlindungan hutan dan lingkungan, insentif bagi daerah yang kinerja pengelolaan lingkungannya baik dan sebagai kompensasi anggaran yang dikeluarkan pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan yang menghasilkan manfaat yang dapat diterima oleh berbagai pihak di luar batas wilayah daerahnya.

Namun demikian, kebijakan perbaikan skema transfer ?skal yang mengakomodasi indikator ekologi belum sepenuhnya tersedia hingga saat ini. Oleh karena itu, buku ini bertujuan untuk: (1) mengidenti?kasi berbagai inisiatif usulan insentif ?skal melalui transfer ?skal berbasis ekologi beserta peluang dan tantangannya, (2) mengetahui kesiapan infrastruktur yang dibutuhkan untuk memasukkan indikator ekologi dalam transfer ?skal antara pemerintah pusat dan daerah, dan (3)
memetakan kebutuhan perbaikan kebijakan insentif ?skal berbasis ekologi.

Penulis : Dr Fitri Nurfatriani S.Hut, M.Si
Anggota :
Yanto Rochmayanto S.Hut, M.Si
Mimi Salminah S.Hut., M.For.Sc.
Galih Kartika Sari S.Hut. MAP.
Dewi Ratna Kurnia Sari S.Hut, M.Si.
Penulis lain :

More Info

  • Type :
  • ISBN : 798-623-256-441-1
  • Publisher : IPB Press
  • Year : 2020

Copyrights © 2020 P3SEKPI. All Rights Reserved