P3SEKPI Publication Info

Publication of our researchers will contribute to the world.

Implementasi REDD+ di Taman Nasional Meru Betiri dengan Dukungan Budidaya Jamur Tiram oleh Masyarakat

  • View : 310
  • Download :
Dalam konteks perubahan iklim, program penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi (REDD+) sejalan dengan upaya pelestarian hutan. Meskipun demikian, upaya pelestarian hutan, termasuk pada kawasan konservasi di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) menjumpai berbagai gangguan yang dapat mengancam kelestarian.
Keberadaan masyarakat di sekitar TNMB dapat menjadi ancaman, terutama akibat pebangan liar dan perambahan yang disebabkan oleh kurangnya keperpedulian dan permasalahan ekonomi. Salah satu upaya perlindungan kawasan hutan yang penting adalah pemberdayaan masyarakat, agar ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian hutan tetapi juga memberikan manfaat terutama manfaat ekonomi. Dalam pelaksanaan kegiatan percontohan DA REDD+, salah satu kegiatan yang difasilitasi adalah pengembangan budidaya jamur tiram oleh masyarakat
sekitar taman nasional. Penelitian dengan menggali informasi lapangan terkait implementasi DA REDD+ di kawasan konservasi TNMB ini menghasilkan informasi implementasi kegiatan DA REDD+, aspek sosial ekonomi masyarakat dan hasil analisis SWOT terhadap kegiatan pengembangan budidaya jamur tiram di sekitar TNMB. Hal ini untuk mendukung pelaksanaan program REDD+ dan mendukung upaya pelestarian hutan melalui peningkatan penghasilan masyarakat yang dapat diterapkan di wilayah konservasi lain.
Penulis : Ir Ari Wibowo M.Sc
Anggota :
Penulis lain :

More Info

  • Journal : Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan
  • Volume : 15
  • No. : 3
  • Year : 2018

Copyrights © 2020 P3SEKPI. All Rights Reserved