Search
Profile
Collection
Collaborative Research
PUI
Judul Penelitian

Kajian kebijakan pengembangan dan pengelolaan hutan kota

Ketua: Dr. Ir Subarudi M.Wood.Sc
Analisis
Identitas Penelitian
Anggota Penelitian
Lama: 12 bulan, Tahun: 2011
Dana: Rp.0,00
Lokasi :

Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya), Provinsi Jawa Timur (Kota Surabaya dan Malang), dan Provinsi Kalimantan Tengah (Palangkaraya).


Abstrak Penelitian

Konsepsi pemanfaatan ruang di wilayah perkotaan, pada dasarnya lebih mendudukkan posisi strategis terhadap peranan fungsi jasa kawasan hijau, karena mampu menjamin kenyamanan dan keseimbangan lingkungan. Kawasan hijau dimaksud pada dasarnya merupakan satu kesatuan ruang yang didominasi oleh tetumbuhan, dan dikenal dengan istilah Ruang Terbuka Hijau (RTH). Secara lebih mendalam pengertian RTH adalah merupakan kawasan atau ruang dan tanah yang didominasi oleh tetumbuhan baik alami maupun maupun binaan, difungsikan sebagai perlindungan habitat tertentu, dan atau sarana prasarana lingkungan perkotaan. Namun dalam kenyataannya di lapangan, pembangunan hutan kota mengalami banyak hambatan dan kendala yang menuntut keseriusan parapihak untuk mencari upaya penyelesaiannya atas hambatan dan kendala tersebut.

Informasi di atas menunjukkan bahwa dalam perumusan suatu peraturan perundangan masih terlihat adanya tumpang tindih dan ketidak sinkronan antara satu UU dengan UU lainnya dan kelembagaan pengelola hutan kota masih menjadi kendala dalam mewujudkan pengelolaan hutan kota yang profesional dan kredibel. Oleh karena itu kajian kebijakan pembangunan dan pengembangan hutan kota khususnya di provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Tengah sangat diperlukan sebagai upaya untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan pembangunan hutan kota di seluruh nusantara dan juga sebagai bahan masukan untuk revisi PP No. 63/2002 tentang Hutan Kota.

Gambar Penelitian
Publikasi Penelitian
Jurnal

Conference