Search
Profile
Collection
Collaborative Research
PUI
Journal Info

Title

Evaluasi Perkembangan Nilai Tegakan Pada Hutan Tanaman Jati Di Kph Jember Pt Perhutani Unit Ii Jawa Timur (view : 41x)

Author
Anggota :

Penulis lain :

Siti Isfiati

Journal Info

Journal Name : Jurnal Sosial Ekonomi | Volume : 2 | No. : 2 | Year : 2001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari perkembangan nilai tegakan sebagai aset sumber daya hutan dari tahun ke tahun dalam suatu unit pengelolaan hutan yang berdasarkan kaidah-kaidah kelestarian hutan di KPH Jember PT Perhutani Unit II Jawa Timur.

Data yang dikumpulkan berupa data sekunder dari data rekaman kegiatan manajemen hutan yang telah berjalan. Ada beberapa tahapan dalam penelitian ini yakni menyusun neraca luas areal hutan, neraca volume tegakan dan neraca nilai tegakan dalam satuan moneter. Analisis data dilakukan secara kuantitatif berupa analisis tabel dan grafik. Evaluasi trend (kecenderungan) dilakukan dengan menggunakan time series method.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan tegakan jati secara fisik (luas dan volume tegakan) maupun nilai moneternya menunjukkan kecenderungan meningkat pada periode pengelolaan hutan 1979-1989, dan terjadi penurunan potensi sumber daya hutan (kayu) pada periode 1989-1999  secara fisik tetapi menunjukkan peningkatan potensi dalam bentuk nilai moneternya. Perkembangan potensi sumber daya hutan (tegakan hutan) secara periodis ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja manajemen perusahaan pengusahaan hutan apakah sudah menerapkan prinsip-prinsip kelestarian hutan dengan baik.

Kata kunci : Nilai tegakan, hutan tanaman jati

File : Download (hits : 2x)