Search
Profile
Collection
Collaborative Research
PUI
Journal Info

Title

Analisis Penerimaan Sumberdaya Hutan (view : 32x)

Author
Anggota :

Penulis lain :

Apul Sianturi

Journal Info

Journal Name : Jurnal Sosial Ekonomi | Volume : 2 | No. : 1 | Year : 2001

Abstract

Perhatian terhadap kelestarian dari sumberdaya alam dan lingkungan telah mendapat perhatian sejak lama. Namun faktor perhatian sering berubah menurut pola berpikir dari yang bersangkutan. Seorang ahli ekonomi misalnya akan menekankan pada manfaat ekonomi dari hutan terutama dari hutan produksi melalui pendapatan yang diterima dari pemanenan hutan. Pemerintah Indonesia memungut nilai tegakan sebesar 10 persen dari harga jual kayu ditambah US$ 16 atau senilai Rp 80.000 per m³  sebaga dana reboisasi (DR), yang keseluruhannya hanya sekitar 33 persen dari rente ekonomi kayu. Karena itu, pemanenan hutan tropis ditandai dengan pemindahan kekayaan negara kepada sekor swasta.

Telah diketahui bahwa pemberian nilai rendah pada sumberdaya merupakan faktor utama penyebab berkurangnya luas areal hutan negara dewasa ini. Oleh karena itu rente ekonomi yang selama ini dinikmati pengusaha kayu harus dihentikan dengan menetapkan nilai tegakan yang mendekati nilai sesungguhnya agar kelestarian hutan dapat terjamin. Setelah lebih dari 30 tahun berpengalaman dalam pemanenan hutan alam , pemerintah seharusnya sudah dapat menetapkan nilai tegakan hutan alam.

Kenaikan nilai tegakan tidak otomatis menaikkan penerimaan negara dari pemanenanan kayu. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pengelolaan hutan serta perbaikan sistim penerimaan atau penjualan tegakan.

Kata kunci: hutan alam, rente ekonomi, nilai tegakan, pemanenan hutan, kelestarian hutan

File : Download (hits : 1x)