Search
Profile
Collection
Collaborative Research
PUI
Journal Info

Title

Faktor Penentu Kemiskinan Petani Penyadap Getah Pinus Di Desa Somagede, Kebumen, Jawa Tengah (view : 88x)

Author
Anggota :

Penulis lain :

S. Andy Cahyono, Nana Haryanti, Nur Ainun Jariyah, Yonky Indrajaya

Journal Info

Journal Name : Jurnal Sosial Ekonomi Kehutanan | Volume : 03 | No. : 2 | Year : 2006

Abstract

Masyarakat sekitar hutan umumnya berada dalam kemiskinan dan keterbelakangan.
Peningkatan kemiskinan akan berdampak pada perusakan sumberdaya hutan. Untuk itu,
Kemiskinan pada masyarakat sekitar hutan harus dientaskan dan pemahaman terhadap faktor. Penentu atau penyebab kemiskinn menjadi penting.
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu suatu rumah tangga petani  Penyadap getah pinus tergolong miskin.   Metode survey dipergunakan untuk mengumpulkan data. Jumlah responden 30 keluarga/ rumah tangga.  Model  binary choice  dengan fungsi logit dipergunakan untuk mengetahui faktor penentu atau penyebab kemiskinan pada rumah tangga petani penyadap getah pinus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46,67% rumahtangga penyadap pinus termasuk dalam kategori miskin, sedangkan 53,33% lainnya termasuk dalam kategori keluarga tidak miskin. Kemiskinan rumahtangga petani penyadap getah pinus dipengaruhi secara signifikan oleh beberapa faktor, yaitu pendapatan dari getah pinus, pendapatan dari luar getah pinus, dan umur penyadap.  Sementara peluang keluar dari kondisi miskin akan semakin besar dengan meningkatnya pendapatan dari getah pinus, dan pendapatan diluar getah pinus. Implikasi kebijakannya adalah peningkatan produktivitas getah pinus dan harga getah, serta diversifikasi sumber pendapatan diluar getah pinus.

File : Download (hits : 21x)