Search
Profile
Collection
Collaborative Research
PUI
Journal Info

Title

Analisis Dampak Kebakaran Hutan Di Indonesia Terhadap Distribusi Pendapatan Masyarakat (view : 98x)

Author
Anggota :

Penulis lain :

Nur Arifatul Ulya, Syafrul Yunardy

Journal Info

Journal Name : Jurnal Sosial Ekonomi Kehutanan | Volume : 03 | No. : 2 | Year : 2006

Abstract

Sejak kebakaran hutuan besar tahun 1982/1983 yang menbakar 3,5 juta hektar hutan alam di Kalimantan Timur, kebakaran hutan di  Indonesia kian menyebar dan selalu berulang setiap tahun. Kejadian ini jelas akan berpengaruh terhadap pendapatan baik bagi masyarakat, perusahaan, maupun pemerintah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui besarnya dampak kebakaran hutan di Indonesia terhadap masyarakat . Selain itu juga untuk mengidentifikasi jalur-jalur keterkaitan antar sektor kegiatan perekonomian.
Metode analisis yang digunakan untuk mengukur besarnya nilai penurunan tingkat pendapatan (economic loss) adalah system Neraca Sosial Ekonomi (SNSE) atau  Social Accounting Matrix (SAM). Sedangkan untuk menjelaskan jalur keterkaitan antar sektor digunakan Analisis Jalur Struktural (Structural Path Analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk setiap hektar kejadian kebakaran hutan di Indonesia, berdampak menurunkan tingkat pendapatan masyarakat sebesar RP.  77,44 juta.  Rumah tangga mengalami penurunan tingkat pendapatan yang paling besar dibandingkan dengan pemerintah maupun perusahaan.  Secara struktural, ditemukan fakta bahwa ada jalur keterkaitan yang erat antara sektor kehutanan dengan sektor-sektor yang berbasiskan pertanian di pedesaan.

File : Download (hits : 24x)